Rabu, 22 Maret 2017

Barongko







Barongko adalah kue tradisional khas Makassar yang tidak kalah rasanya dengan kue-kue modern lainnya. Barongko adalah kue yang berbahan dasar pisang, gula, telur, santan, garam dan susu yang dicampurkan menjadi satu adonan kemudian dibungkus dengan daun pisang yang dibentuk segitiga lalu dikukus.
Warnanya yang putih kecoklat-coklatan dan perpaduan rasa asam dan manis bercampur menjadi sebuah ciri khasnya tersendiri. Lebih nikmat lagi jika setelah didinginkan beberapa menit, dimasukkan kedalam kulkas agar saat dimakan lebih terasa airnya. Barongko tidak bisa sembarangan dibuat oleh orang yang belum handal karena rasa khasnya akan sangat berbeda jika dibandingkan dengan orang yang sudah terbiasa membuat kue tradisional ini.
Pada zaman kerajaan dulu, makanan ini hanya disajikan khusus untuk para bangsawan atau raja-raja Bugis sebagai makanan penutup. Namun kini tidak hanya para bangsawan saja yang dapat menikmatinya. Seiring bergantinya zaman, warga pribumi juga bisa menikmati sajian makanan penutup tersebut. Barongko biasa disajikan pada acara sunatan, pernikahan adat Bugis, syukuran dan lain-lainnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar