Rabu, 22 Maret 2017

Sop Saudara




Sop Saudara

Sop saudara merupakan makanan khas Makassar lainnya yang berupa sop yang bahan utamanya adalah daging sapi (biasanya yang paling banyak disediakan adalah hati dan paru). Yang membedakan sop saudara dari coto makassar dan sop konro adalah sop saudara tidak hanya terdiri dari bahan dasar daging sapi saja melainkan terdapat bahan pelengkap seperti bihun, perkedel kentang dan telur. 

Sop saudara sendiri wajib disajikan dengan nasi putih dan ikan bandeng khas Makassar. Konon kata orang tua dulu, jika sop saudara tidak disajikan dengan nasi putih dan ikan bandeng bukan sop saudara namanya. Karena sudah menjadi khas tersendiri dalam penyajiannya. 



Nama sop saudara berasal dari sang penemu yang terinspirasi dari nama makanan khas Makassar lainnya yakni "Coto Paraikatte" yang sekarang lebih dikenal dengan sebutan "Coto Makassar". Dalam bahasa Makassar "paraikatte" berarti saudara atau sesama. Karena itulah sang penemu sop saudara yakni bapak H.Dollahi memberikan nama pada masakannya Sop Saudara dengan harapan agar semua orang yang makan di warungnya akan merasakan bersaudara dengan pemilik, pelayan dan pengunjung lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar