Minggu, 19 Maret 2017

Sop Konro Makassar



Sop konro adalah satu jenis makanan khas Makassar yang tidak kalah enaknya dengan Coto Makassar. Sop konro merupakan makanan berkuah yang terdiri dari tulang rusuk sapi atau iga. Kuah dari sop konro sendiri tidak berawarna bening melainkan coklat kehitam-hitaman. Dengan campuran bumbu yang terdiri dari beberapa rempah yang diolah menjadi sebuah makanan yang sangat nikmat. Sop konro biasa disajikan saat perayaan hari lebaran Idul Fitri dan acara pernikahan namun sekarang banyak orang yang mengkonsumsinya dilain hari besar. Sop konro memiliki aroma yang khas yang berasal dari ketumbar dan bumbu klewak yang membuat tampilannya berwarna coklat kehitam-hitaman tersebut.

Seirimg dengan bergantinya zaman, sop konro kini tidak hanya disajikan dengan menu kuah saja tapi juga dapat disajikan dengan cara dibakar.
Tak hanya soal rasa, nilai gizi yang terkandung dalam sup konro tak perlu diragukan. Dalam satu mangkuknya, sup konro mengandung 4,5 gram karbohidrat, 7,4 gram protein serta mengandung kalium, besi, fosfor dan vitamin B2. Sebaliknya kadar kolestrol dan lemak kuliner tersebut tergolong rendah, yaitu hanya 2,6 gram dikarenakan tidak ada campuran jeroan sapi pada masakan itu. Terlebih lagi dengan adanya kacang merah sebagai komponen bumbu, menjadikan sup konro lebih aman untuk dikonsumsi. Karena kacang merah dikenal rendah lemak dan kaya akan protein.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar