Rabu, 22 Maret 2017

Mie Titi'










Mie titi' adalah mie kering yang dicampur dengan sayur-sayuran seperti sawi, irisan daging ayam, udang, telur ditambah berapa bumbu-bumbu dapur dan dilengkapi dengan jeruk nipis. Mie titi sendiri biasa ditambahkan  sedikit kuah namun tidak terlalu banyak karena pada dasarnya makanan ini adalah sajian mie kering.

Sebenarnya “Titi” dalam nama Mie Titi' bukanlah nama sajian mie pada umumnya. Titi sebenarnya adalah nama sapaan akrab dari mendiang Ang kho Tjao, ayah dari Freddy Koheng, pemilik usaha Mie Titi' yang pertama kali berdiri di Jalan Dr. Wahidin Sudirohusodo yang dulunya bernama Jalan Irian. Selain itu, Titi dalam bahasa Tionghoa juga berarti adik laki-laki.

Pada awalnya Mie Titi dibuat oleh Ang Kho Tjao yang merupakan seorang warga keturunan Cina yang tinggal di Makassar. Ang Kho Tjao lalu mewariskan resep kuliner ini kepada ketiga anaknya dan menjadikan Mie Titi mulai dikenal sejak tahun 1970-an. Sebenarnya untuk membuat mie titi khas Makassar memang bisa dibilang susah-susah gampang. Dibutuhkan ketelitian dan kesabaran dalam membuat mie titi ini. Makanya pasti ada perbedaan antara resep yang kita buat dengan yang disajikan langsung di rumah makan Mie Titi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar